• RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
Posted by cleptoon - - 0 comments

IMPLEMENTASI PENERAPAN ALGORITMA A*
PADA PERMAINAN CHINESE CHECKERS

Yulina Tokan
Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur
Jl. Raya Ciledug, Petukangan Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12260
Telp. (021) 5853753, Fax. (021) 5866369



ABSTRAK


Salah satu permainan (game) komputer yang merupakan penerapan kecerdasan tiruan (Artificial Intelligence) adalah permainan strategi chinese checkers. Chinese checkers merupakan permainan yang direcovery dari konsep permainan halma, dapat dimainkan oleh pemain yang melawan CPU yang menyediakan beberapa pion atau bidak untuk ditempatkan di satu rumah awal dan memindahkan pion tersebut ke pos (rumah) tujuan. Permainan ini dapat membantu pemain (user) dalam mengambangkan kemampuan berfikir atau logika dan melatih pemikiran dalam mengadu strategi. Setiap pemain secara bergantian memindahkan pion ke arah yang telah ditentukan. Pemain yang berhasil menempati pos (rumah) tujuan dengan penuh lebih dulu, memenangkan permainan (game).
Pembuatan aplikasi ini dibutuhkan Kecerdasan Tiruan (Artificial Intelligence) sebagai lawan bermain si pemain (user), yaitu komputer dengan menggunakan algoritma A* (A Star) sebagai pencarian langkah terbaik untuk komputer.
Aplikasi permainan ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0.

Kata Kunci          : Game Chinese Checkers,  Artificial Intelligence(AI), Algoritma, A*(A Star).

contoh abstrasi 

Leave a Reply